Beginilah Jomblo, Deritanya Tiada Pernah Berakhir

Mengatasi Rasa Cemburu

Cemburu merupakan fikiran negative, rasa takut, dan kecemasan akan kehilangan sesuatu. Tapi adalam urusan asmara cemburu sering disebut tanda cinta terhadap sesorang. Saat cemburu berlebihan melanda, jangan buru-buru terbawa emosi. Atasi dulu perasaan tersebut, sehingga pikiran akan lebih jernih.

Mengatasi Rasa Cemburu

Cara Mengatasi Rasa Cemburu

1. Jaga jarak
Saat rasa cemburu datang, emosi pasti akan berkobar. Ketimbang emosi meledak-ledak di depan pasangan, lebih baik jaga jarak terlebih dahulu. Jika suasana hati sudah lebih tenang, maka segalanya bisa dibicarakan.

2. Ungkapkan Perasaan
Ketimbang suntuk dan memendam emosi serta kemarahan, lebih baik utarakan perasaan kamu pada pasangan. Hal ini juga bisa membuka jalan bagi kamu dan pasangan untuk berkomunikasi mengenai masalah yang ada. Siapa tahu, kamu dan dia dapat mengatasi masalah ini bersama.

3. Jangan asal menuduh
Jangan langsung melabrak kekasih begitu saja ketika melihatnya bersama orang lain. Pastikan dulu apa yang terjadi. Berilah kesempatan kekasih mu untuk menjelaskan. Jangan sampai tuduhan kamu tidak berdasar.

4. Beri contoh
Jika memang kamu tak mau pasangan terlalu dekat dengan orang lain, kamu pun harus melakukan hal yang sama. Jika ingin perasaan mu dijaga, pastikan juga kamu telah menjaga perasaannya.

5. Hargai diri sendiri
Terkadang rasa cemburu berlebihan timbul karena kamu kurang percaya diri. Ingatlah, kekasih telah menjatuhkan pilihannya pada kamu. Itu berarti ada kelebihan di diri kamu yang tak ia temukan di diri orang lain. Jadi buat apa cemburu berlebihan?

5. Buat Daftar Kebaikan
Buatlah daftar tentang segala sesuatu yang membuat kamu dan si dia saling mencintai. Jika rasa cemburu menghampiri, bacalah kembali daftar tersebut untuk mengingatkan bahwa ia mencintai kamu, dan kamu tidak memiliki alasan untuk cemburu dengan cewek lain.

6. Positive Thinking
Hilangkan prasangka terhadap pasangan. Tak perlu lagi memeriksa telepon atau buku agendanya. Yakinkan pada diri sendiri, bahwa hanya kamu cewek yang ada di hati pasangan. Saat kamu berpikir positif, pikiran pun menjadi lebih jernih. Kamu bisa melihat kebaikan dan rasa sayang pasangan yang utuh, tanpa diganggu prasangka buruk.

7. Stop Berkhayal
Orang yang merasa cemburu, biasanya mulai memikirkan yang tidak-tidak tentang pasangannya. Jika si dia sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda selingkuh atau hal-hal aneh lainnya, khayalan-khayalan ini malah bisa membuat kamu semakin dikuasai rasa cemburu.

Apapun alasannya, sesuatu yang berlebihan tidak pernah baik. Termasuk cemburu berlebihan. Jadi jangan sampai emosi menguasai akal sehat. Selamat berbahagia...


gendruk.us dan google.com
Mengatasi Rasa Cemburu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown