Beginilah Jomblo, Deritanya Tiada Pernah Berakhir

Sebelum Migrasi ke Linux

Sebelum Migrasi ke Linux - Pasti udah pada tau kan apa itu Linux? Linux itu sebuah kernel, sedangakan Ubuntu, Debian, Fedora, Centos dll itu merupakan Distro (distribusi linux) :D
Sekarang ane cuma mau share berdasarkan pengalaman dulu sebelom menggunakan distro linux..

Tujuan menggunakan Linux


Dalam menggunakan sesuatu pasti punya tujuan, terus apa tujuan menggunakan Linux? jangan alesan ikut-ikutan ato biar di bilang keren ya....
Banyak yang alesan gitu, biasanya pemula seperti ane dulu. Tujuanya harus jelas agar gak salah dalam pilih Distro, bisa-bisa ntar di bully habisa-habisan.

Sekedar contoh dari yang udah umum

Si A orang nya ahli dalam pentest, sedangkan si B gak tau apa-apa. Menurut B, si A itu keren jadi dia ikut-ikutan menggunakan distro seperti punya si A. Tapi namanya si B orang awam, saat ada eror dia langsung panik dan tanya kesana-kesini, ane yakin biasanya orang seperti itu langsung kena bully.

Temen FB ane malah punya alesan konyol, dia migrasi ke linux biar gak nambah dosa.
Maksudnya begini, dia orangnya sok suci jadi gak mau pake sopwer yang berbau crack. (ah lebay)

Kenali dulu linux

Sebelum install linux, di harapkan mencari info sebanyak-banyak nya tentang perintah dasar linux. Mungkin setelah mempunyai banyak info bisa langsung mencobanya guna mengetahui tampilanya, bisa live usb/cd ato secara virtual.
Setelah merasa cocok, bisa mencoba install secara virtual menggunakan sopwer andalan masing-masing. Soalnya aplikasi dan partisi linux berbeda dengan windows, bila gak punya pengetahuan tentang install linux dan lagsung di install di HDD, bisa-bisa HDD ente keformat. wkwkwkwk....

Setelah Install Linux

Sudah kewajiban, pertama kali abis install OS harus install sopwer yang di perlukan, jadi gak perlu panjang lebar. Yang perlu di ingat sopwer linux gak menggunakan Exe tapi Deb, soal instalasi gak jauh beda ama windows.

Di linux ada hal yang paling menyenangkan, yaitu Oprek :D
Bagi ane ini paling menyenangkan karena bisa oprek sesuka hati, namanya juga open source (walo ada Distro berbayar).
Dalam oprek mengoprek linux itu tergantung keahlian, bisa oprek daleman ato cuma tampilan aja. Kalo oprek daleman, harus punya pengetahuan tentang sistem linux.
Saat oprek harus hati-hati, kalo gak bisa ngatasi eror nya paling di inuL, wkwkwkwkwk.....


Cuma saran, kalo udah merasa cocok pake distro linux jangan menghina OS sebelah ato Distro lain.

gendruk.us
Sebelum Migrasi ke Linux Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendra M Top