Beginilah Jomblo, Deritanya Tiada Pernah Berakhir

Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia

Istilah mitologi dapat berarti kajian tentang mitos (misalnya mitologi perbandingan), maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos (misalnya mitologi Inka). Dalam folkloristika, suatu mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini, meskipun dalam pengertian yang sangat luas istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita tradisional.

Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, pelaku-pelakunya adalah manusia dan meskipun kejadiannya dianggap benar-benar terjadi, dapat mengandung kisah makhluk supranatural (dewa, setan, dsb.) dan kejadian luar biasa (kutukan, keajaiban, dsb.) seperti pada mitologi. Biasanya latar pada legenda adalah masa-masa pada saat manusia sudah ada dan dikaitkan dengan sejarah dan asal mula suatu tempat.

Berikut adalah 7 Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia.

1. Mitologi Impundulu

Impundulu (izulu, inyoni yezulu) adalah makhluk mitologi dalam cerita rakyat suku-suku di Afrika bagian selatan, meliputi suku Pondo, Zulu dan Xhosa. Impundulu (burung petir) berwujud seekor burung berbulu hitam putih seukuran manusia, dan mampu menciptakan petir dan kilat dengan sayap dan cakarnya. Impundulu merupakan makhluk mirip vampir yang diasosiasikan dengan ilmu sihir dan kadang-kadang dimanfaatkan oleh dukun untuk menyerang orang lain. Dikatakan bahwa makhluk ini selalu haus akan darah. Terkadang impundulu berubah menjadi pria tampan dan berhubungan seksual dengan perempuan.

Pada tahun 2005, seorang pria di Afrika Selatan dinyatakan bersalah atas pembunuhan seorang anak berusia dua tahun yang dia percayai sebagai impundulu.

Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia

2. Mitologi Ipri

Pada kepercayaan Jawa kuno, Ipri merupakan makhluk supranatural yang memiliki bentuk seperti wanita di bagian atas tubuhnya dan berbentuk seperti ikan di bagian bawah tubuhnya. Kepercayaan ini sama persis dengan mitologi Yunani Kuno dan masyarakat Eropa tentang legenda Putri Duyung atau Mermaid.
Beberapa orang percaya bahwa makhluk ini suka menggoda para pelaut yang kemudian menenggelamkan mereka. Ipri juga kerap dipuja, karena konon ia dapat mendatangkan rezeki dan kekayaan dari hasil laut. Dan konon, jika telah membuat perjanjian dengan makhluk ini (Ipri) namun Anda mengingkarinya, maka Anda akan tertimpa musibah. Pendapat lain mengatakan bahwa konon Ipri akan marah dan akan membalas dendam kepada siapa pun yang merusak daerah tempat tinggalnya di laut.

Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia


3. Zashiki warashi

Zashiki warashi (座敷童子) adalah arwah anak-anak yang terutama dipercaya penduduk Prefektur Iwate, Jepang. Arwah ini dipercaya sebagai kami (dewa), yang tinggal di zashiki atau gudang; warashi berarti anak-anak. Menurut cerita rakyat Jepang, zashiki warashi mendatangkan kekayaan untuk rumah yang ditinggalinya. Meskipun ia suka mengusili anggota keluarga yang tinggal di rumah itu, tapi akan mendatangkan keberuntungan kepada anggota keluarga yang dapat melihatnya. Cerita zashiki warashi menjadi populer setelah Kunio Yanagita menerbitkan kumpulan cerita legenda Tōno Monogatari (Hikayat dari Tōno) dan Ishigami Mondō (Tanya Jawab mengenai Ishigami).

Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia


4. Mitologi Grim Reaper

Bagi kebanyakan masyarakat Eropa, Grim Reaper merupakan perwujudan dari malaikat pencabut nyawa. Grim Reaper digambarkan sebagai seseorang yang berbadan tegap dengan wujud tengkorak yang memegang sebuah sabit besar dengan memakai sebuah jubah hitam panjang dan penutup kepala. Konon, ia hanya bisa dilihat oleh orang yang waktu kematiannya sudah dekat atau orang yang memiliki kekuatan gaib yang sangat besar. Grim Reaper hanya bertugas mengabarkan kematian tanpa mencelakakan siapa pun. Ia muncul dalam mitos-mitos zaman dahulu dan cerita turun-temurun.

Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia

5. Mitologi Popobawa

Popobawa adalah makhluk dari suatu roh jahat yang diyakini oleh warga di Afrika. Popobawa merupakan bayangan roh kegelapan yang menyerang pada malam hari. Pada tahun 1995, makhluk misterius ini menjadi pusat perhatian utama bagi para warga di Afrika, hingga memunculkan kepanikan hingga ke kepulauan lain.
Konon, ia tak hanya berbentuk kelelawar, tetapi juga bisa menyerupai manusia atau hewan lain. Biasanya ia akan muncul di malam hari, tetapi tak jarang ia pun muncul di siang hari.

Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia

6. Mitologi Banshee

Menurut legenda Skotlandia dan Irlandia, makhluk yang bernama Banshee ini sering melolong di sekitar rumah jika ada seseorang dari penghuni rumah tersebut akan segera menemui ajalnya. Namun, ketika banyak Banshee yang muncul bersamaan, hal itu menandakan bahwa kematian orang hebat atau orang suci. Dari kisah-kisah tentang Banshee, menceritakan ia berbentuk wanita meski pun ia tampak seperti peri, sesungguhnya mereka adalah hantu.

Banshee sering digambarkan berpakaian putih atau abu-abu dan kerap memiliki rambut panjang yang mereka sikat dengan sisir perak. Banshee berasal dari roh wanita yang penasaran karena dibunuh atau wanita yang meninggal saat melahirkan. Beberapa penganut agama Celtic percaya bahwa Banshee merupakan malaikat yang terjebak di bumi hingga ada kaitannya dengan Dewi Kematian.

Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia

7. Mitologi Doppelganger

Konon, setiap manusia memiliki kembaran di dunia ini. Dalam sejarah, banyak catatan mengenai orang-orang yang mengaku berjumpa dengan dirinya sendiri. Fenomena aneh ini disebut dengan istilah Doppelganger. Kejadian melihat Doppelganger juga kerap dianggap sebagai pertanda nasib buruk. Dalam beberapa tradisi, Doppelganger yang dilihat teman seseorang atau kerabat menandakan penyakit atau bahaya.

Sementara, jika Doppelganger yang dilihat adalah diri sendiri, maka artinya adalah kematian. Konon, kisah pertemuan Doppelganger pernah dialami oleh Presiden Amerika Serikat, yaitu Abraham Lincoln. Ketika ia bercerita kepada istrinya, sang istri hanya berkata, "Dua wajah itu berarti Lincoln akan terpilih sebagai presiden sebanyak 2 (dua) kali, dan wajah yang lebih pucat berarti ia tak akan hidup lewat di masa jabatannya yang kedua." Ternyata prediksi sang istri benar. Lincoln terbunuh pada tahun 1865 saat memegang masa jabatan keduanya.

Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia


Sumber; On The Spot dan Wikipedia
Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown