Beginilah Jomblo, Deritanya Tiada Pernah Berakhir

Apa Itu Captcha

Siapa yang gak kenal Captcha? sesuatu yang sangat menjengkelkan. Bagi sebagian besar pengguna internet, istilah Captcha sudah tidak asing untuk didengar dan dimengerti. Walaupun sangat menjengkelkan namun pada kenyataannya hampir seluruh aktifitas dunia maya yang berhubungan dengan form, akan disertakan kode Captcha sebagai Security Code.

http://www.gendruk.us/2014/03/apa-itu-captcha.html

Captcha merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Istilah Captcha ini dibuat oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, and Nicholas J. Hopper dari Carnegie MellonUniversity, dan John Langford dari IBM pada tahun 2000. Biasanya bentuk Captcha berupa deretan karakter atau symbol yang ditampilkan secara acak pada halaman form berupa gambar samar samar. Pengguna diharuskan menulis deretan karakter tersebut kedalam sebuah field sebagai syarat untuk dapat mengirimkan atau melanjutkan aktifitas pengisian data pada form. Selain berbentuk gambar visual yang aneh, Captcha juga ada versi audio bagi penyandang cacat mata, dengan prinsip yang kurang lebih sama. Tapi dengan adanya Captcha, kadang kala sangat annoying dan mungkin menyebabkan pengguna malas untuk sign up sesuatu form.

Nah untuk membedakan aktifitas pengisian form yang dilakukan manusia atau bot pada website, maka muncul ide bagaimana melakukan generating karakter menjadi image. Mengapa harus image dan audio? karena bot sementara ini belom ada yang bisa membaca karakter yang sudah digenerate jadi image dan audio. Karena fungsi utama Captcha adalah;

1. Mencegah Comment Spam
Ini sangat penting, bagaimana jadinya kalo semua comment di web ato blog isinya spam semua, bisa menurunkan kualitas dari web/blog tersebut.

2. Mencegah Spam Bot
Tau sendiri kan Bot tak bisa membaca captcha, karena string string pemrogramannya sudah tetap. Tak mungkin capthca yang setiap saat berubah dapat dibaca oleh Bot.

3. Mencegah Flood
Siapa yang ingin di Flood? ini sama halnya dengan spam.

4. Melindungi Pendaftaran Email
Dulu pernah kejadian Yahoo dan Google diserang semacam robot yang mendaftar email ampe ribuan. Kebayang gak ribuan mail palsu? pasti om google dan mpok yahoo bisa mabok. Jika ada suatu polling, dengan ada nya ribuan email palsu yang di miliki seseorang, akan menyebabkab hasil gak valid.

Sebenarnya untuk melewati Captcha gak harus di tulis semua kata yang di situ, cukup tuliskan aja kata yang aneh itu.

maksud Captcha

Walaupun sangat menjengkelkan, tapi Captcha memang sangat pentingkan? Jadi jangan salah paham dulu dengan adanya Captcha.

Apa Itu Captcha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown