Beginilah Jomblo, Deritanya Tiada Pernah Berakhir

Seputar Permen Karet

Permen karet merupakan salah 1 permen favorit, ntah itu yang harganya murah atau yang harganya mahal. Ane sendiri sampai sekarang masih sering ngunyah permen karet, biasanya sih saat di mall atau di kampus soalnya ada tulisan "Di Larang Merorok".

Seputar Permen Karet

Disamping sebagai pengganti rokok, permen karet punya manfaat lain:

Manfaat Permen Karet

1. Meningkatkan kinerja otak
Permen karet dapat meningkatkan kinerja dan aktivitas otak seseorang. Ketika mengunyah permen karet, bagian hippocampus pada otak, yang berperan utama dalam menyimpan memori terstimulus. Selain itu, aliran darah di otak serta denyut jantung meningkat serta meningkatkan pemompaan oksigen. Sehingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Mengunyah permen karet membantu otak berfikir lebih cepat.

2. Menekan rasa lapar
Sering merasa lapar disaat tak tepat waktu, atau memiliki kebiasaan mengunyah makanan saat sedang bosan karena merasa lapar terus. Mengunyah permen karet bisa menjadi cara agar mulut tidak terus makan. Mengunyah permen karet dapat memanipulasi perut untuk berpikir bahwa tubuh sedang makan. Hal ini juga sangat baik bagi kamu yang sedang menjalani program diet.

3. Mengencangkan kulit wajah
Hasil penelitian seorang ahli dari Amerika, mengunyah permen karet setiap hari selama 15 menit dapat bermanfaat bagi kecantikan. Saat mengunyah, otot-otot wajah kita bergerak hal ini dapat mengencangkan kulit wajah sehingga memperlambat keriput diwajah.

4. Meredakan tegang dan stress
Permen karet dipercaya bisa mengurangi stress dan rasa cemas. Selain itu mengunyah permen karet dapat meningkatkan kinerja dan kepercayaan diri menjadi lebih baik. Mengunyah permen karet mampu membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks.

5. Memperbaiki pencernaan

Mengunyah permen karet dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Apalagi mengunyah permen karet dalam kondisi setelah makan. Air liur yang diproduksi saat mengunyah permen karet mampu menjaga tingkat keasaman lambung sehingga baik untuk pencernaan. Permen karet juga dapat melindungi gigi dari pembusukan, dan juga membuat rahang di mulut kuat.

6. Manfaat Terhadap Gigi
Sering mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat membersihkan rongga mului dan gigi sehingga mengurangi resiko terbentuknya plak-plak gigi.
Permen karet  sangat efektif untuk menetralisir bau mulut. Apalagi bagi yang suka mengkonsumsi makanan beraroma keras seperti bawang merah dan bawang putih. Selain itu permen karet juga dapat menyegarkan mulut.

7. Menurunkan berat badan
Mengunyah permen karet dapat menbantu membakar kalori, terutama jika ang dipilih adalah permen karet yang bebas gula. Selain itu dengan mengunyah permen karet dapat mengontrol rasa lapar sehingga sangat baik bagi yang sedang melakukan diet.

Meski begitu, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi permen karet. Alasannya, beberapa bahan dalam permen karet mungkin dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya bila dikonsumsi berlebihan. Maka sebelum membelinya, ada baiknya pelajari lima komposisi umum permen karet yang dapat bersifat racun bagi tubuh manusia.

1. Aspartam
Pemanis buatan ini disebut-sebut sebagai salah satu bahan paling berbahaya yang digunakan dalam industri makanan. Dipakai sebagai pengganti gula, aspartam ditemukan pada banyak produk permen karet dan diduga menjadi penyebab efek samping yang pernah dilaporkan.
Menurut Health Wyze Report, aspartam merupakan eksitotoksin yang membuat sel-sel saraf di otak terlalu aktif sehingga rentan rusak. Aspartam memiliki kandungan yang hampir sama dengan potasium asesulfam yang bersifat memicu kanker (karsinogen). Pengawas makanan Amerika Serikat (FDA) menyebutkan, aspartam berpotensi menimbulkan efek samping, yaitu kebutaan, iritasi ekstrem, dan nyeri dada.

2. Butyl hidroksi toluen
BHT merupakan jenis suplemen diet yang umum ditemukan dalam permen karet dan makanan olahan lain. BHT yang memberikan warna, bau, dan rasa makanan ternyata bersifat karsinogen. Menurut Health Wyze Report, BHT dapat menyebabkan kerusakan sistem organ seperti gagal ginjal dan kerusakan hati. Pada anak-anak BHT juga menyebabkan hiperaktivitas.

3. Kalsium kasein pepton/kalsium fosfat
Umumnya senyawa ini berfungsi sebagai bahan pemutih pada permen karet dan dapat meninggalkan residu bersifat toksik. Kasein sendiri diekstrak dari susu, dan pernah dikaitkan dengan skandal susu formula tercemar di China. Protein ini bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti alergi dan gangguan pencernaan.

4. Bahan dasar permen karet
Bahan dasar permen karet (gum base) sering kali ditulis begitu saja pada kemasan karena dianggap umum dan tidak perlu diungkap pada konsumen. Padahal bahan-bahan dasar itu mungkin saja ada yang bersifat toksik. Bahan-bahan dasar permen karet yang berhasil diketahui antara lain elastomer, resin, plasticizer, filler, dan antioksidan.

5. Titanium dioksida
Senyawa ini merupakan salah satu pemicu timbulnya asma dan beberapa penyakit lainnya. Sebuah studi dalam jurnal Environmental Science and Technology menemukan, paparan utama titanium dioksida pada anak-anak adalah dari makanan manis yang mereka konsumsi.


Lalu bagaimana jika tertelan apakah akan membahayakan tubuh?
Permen karet pada umumnya sama dengan permen biasa yang kita konsumsi bahan yang digunakan  permen karet juga dibuat dari pemanis, pewarna buatan, dan perasa, sama seperti bahan permen biasa. Sementara bahan karet pada permen karet dibuat dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier, dan wax.
Lalu apa permen karet bisa dicerna jika tertelan? Karena bahan dasarnya sama dengan permen biasa pastinya permen karet bisa dicerna oleh usus jika tertelan, namun butuh waktu yang lama untuk mencerna permen karet sebab usus tidak bisa dengan mudah mencerna karet. Setidaknya butuh waktu dua sampai tiga hari bagi usus untuk mencerna permen karet untuk dikeluarkan dari tubuh melalui proses akhir.
Namun bukan tidak ada bahayanya jika kita menelan permen karet. Bahaya yang akan timbul adalah adanya penyumbatan pada organ pencernaan, namun hal ini sering terjadi pada anak anak dan jarang terjadi pada orang dewasa, sebab diameter organ pencernaan anak anak lebih kecil dibandingkan orang dewasa.
Nah jadi jangan bingung jika menelan permen karet, sebab permen karet akan di cerna tubuh dan akan dikeluarkan dari tubuh, namun jika permen karet yang di telan tidak keluar dari tubuh sebaiknya Anda memeriksakan diri kerumah sakit terdekat untuk menghindari hal hal yang tidak dinginkan terjadi.

Permen karet juga mempunyai banyak jenis:

1. Gum Balls
Berbentuk seperti bola dan dilapisi. Ini adalah paling sering dijual di mesin permen karet. Di Britania Raya sering disebut sebagai 'Screwballs', seperti yang biasa terdapat di dasar es krim. Di AS, mereka dikenal sebagai "Gum Balls".

2. Bubblegum
Dibuat dengan karakteristik agar dapat menghasilkan gelembung ketika ditiup.

3. Sugarfree gum
Dibuat dengan pemanis buatan.

4. Permen & Gum kombinasi
Terutama permen karet yang ditemukan di dalam beberapa jenis permen lolipop, seperti Charm Blow Pops.

5. Center Filled Gum
Bola karet yang terbentuk di sekitar pusat permen karet yang lembut atau cair.

6. Slab Gum Cut & Wrap Gum
Merujuk kepada nama mesin yang membungkus permen karet jenis ini, biasanya dalam bentuk bongkahan, kubus, atau bentuk silinder.

7. Permen Karet fungsional
Sebuah permen karet dengan fungsi praktis. Vibe Energy Gum, misalnya, menggunakan permen karet sebagai sistem pengiriman kafein, ginseng, guarana, dan green tea.

8. Permen Karet Obat
Permen karet yang bertindak sebagai sistem pengiriman untuk menambahkan obat ke dalam air liur, dengan menggunakan cara ini, obat akan lebih cepat masuk ke dalam aliran darah daripada pil.

9. Permen Karet Bubuk
Mengalir bebas dalam bentuk bubuk atau bubuk yang dipadatkan menjadi bentuk yang unik.

10. Permen Karet Stik
Berbentuk persegi panjang, tipis, datar, dan seperti lempengan.


Seputar Permen Karet
Seputar Permen Karet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendra M Top